Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata Mutiara Islam Tentang Kehidupan dan Cinta

Kata mutiara Islam tentang kehidupan dan cinta - Kehidupan dan Cinta adalah hal yang tidak dapat dipisahkan keberadaanya di sisi umat manusia. Sebab kehidupan itu sendiri tercipta adanya cinta. Namun yang menjadi pokok permasalahannya bukan hanya cinta seperti sepasang kekasih yang asyik memadu kasih. 

kata mutiara islam tentang kehidupan dan cinta

Akan tetapi lebih kepada cinta dalam pengertian secara Universal, di mana cinta diterima di segala sendi kehidupan. Dan kata mutiara atau kata bijak, ada terinspirasi dari peristiwa pada jaman Rasullulloh yang tertuang dalam Al Qur’an dan banyak riwayat Sunnah. 

Semua dikumpulkan dan dituangkan pada ungkapan-ungkapan bijak, berharap bisa bermanfaat bagi umat manusia, khususnya yang beragama Islam. Berikut beberapa kata mutiara Islam tentang kehidupan dan cinta untuk Anda.

Kata Mutiara Islam Tentang Kehidupan

1]. Jika Ingin Hidup Bahagia Patuhi Semua Perintah Allah

"Jika Anda (benar-benar) mencintai Allah maka ikutilah aku (yaitu : menerima Islam agama Tunggal, mengikuti Qur’an dan Sunnah), Allah akan mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." QS Ali Imran 3 : 31. 

Jelas sudah tertulis di sini bila manusia ingin mendapatkan kebahagiaan dan pengampunan dalam hidup, harus menjadi hamba yang bertaqwa dan menaati semua perintah Allah dan Rasul, menjalankan apa yang diperintahkan serta meninggalkan larangannya.

2]. Perbaiki Niat Untuk Mendapatkan Kebaikan Hidup

"Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk maka perbuatan itu buruk." Imam An Nawawi. Niat dari hati ketika akan melakukan suatu perbuatan, akan menjadi tolok ukur dari hasil yang diakibatkan di akhir cerita. 

Jika ingin berbuat kebaikan tapi niatnya sudah tidak terpuji, bisa dipastikan tidak pernah mendapatkan hasil, sesuai yang diharapkan. Hanya sebatas dari niat semula pada saat hendak berbuat. Misalnya berbuat baik demi memperoleh anggapan orang baik, ya sebatas itu yang didapat. Dihadapan Allah hilang derajad pahalanya.

3]. Manfaatkan Kesempatan Selagi Ada Di Depan Mata

"Jika sore tiba, janganlah tunggu waktu pagi, jika pagi tiba, janganlah tunggu waktu sore. Manfaatkan masa sehatmu sebelum tiba masa sakitmu dan manfaatkan masa hidupmu sebelum tiba ajalmu.’’ Ibnu Umar, Putra Umar Bin Khattab. 

Dalam hidup, kesempatan tak akan datang dua kali. Oleh sebab itu manfaatkanlah selagi mampu, untuk berbuat kebajikan selama masih bisa bernapas. Karena ketika raga sudah terkubur, semua peluang itu menjadi penyesalan, karena tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya kala masih berada di dunia.

4]. Paling Nikmat Menikmati Jerih Payah Sendiri

"Tiada makanan yang lebih baik daripada hasil usaha tangan sendiri." HR Bukhari. Ungkapan bijak dari sahabat Rasululloh ini memang ada benarnya dan telah dibuktikan oleh semua manusia. Apa enaknya dengan mendompleng atau menikmati hasil karya orang lain, atau menikmati yang bukan menjadi hak milik sendiri. 

Di samping hati tenang dan nyaman, ada kebanggaan tersendiri bila mampu berjuang keras, mencukupi kebutuhan diri sendiri.

5]. Orang Cerdas Lebih Disukai Allah

"Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (profesional atau ahli). Barang siapa bersusah payah mencari nafkah untuk keluarganya, maka dia serupa dengan mujahid di jalan Allah Azza Wajalla. (HR Ahmad). 

Sudah paham bukan, bila menyimak petikan riwayat sunnah ini, bahwa Allah lebih menyukai hamba yang cerdas lagi tidak pemalas. Pintar, terampila serta mau berjuang keras memperjuangkan hidupnya.

Sekian dulu artikel tentang kata mutiara Islam tentang kehidupan dan cinta di waroong.net ini, semoga ada manfaat yang diambil dari tulisan di atas untuk kita.

Posting Komentar untuk "Kata Mutiara Islam Tentang Kehidupan dan Cinta"