Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata-kata Bijak Islam Tentang Kehidupan Sebagai Penguat Hati

Waroong.net - Kata-kata bijak Islam tentang kehidupan sebagai penguat hati dan pikiran. Hidup dalam ketidak-berdayaan, selalu menjadi bahan olokan teman dan orang sekitar memang sangat menyakitkan. Merasa menjadi pribadi yang tak pantas menerima kebahagiaan. Bagai pecundang menyedihkan dan patut dikasihani.

kata kata bijak tentang kehidupan sebagai penguat hati

Namun dalam Islam, Allah melarang manusia merasa memiliki hati demikian. Sebab pada dasarnya manusia itu sama, hanya amal baiklah nanti yang diperhitungkan. Jadi tak ada alasan minder atau tak percaya diri dalam menjalani kehidupan.

Dengan menyimak kata-kata bijak Islam tentang kehidupan sebagai penguat hati ini dikala berada di titik nadir, akan menguatkan anda. Percayalah semua akan berlalu seiring berjalannya waktu. 

Kata-kata bijak Islam tentang kehidupan

1]. Berhentilah dari perasaan sedih

"Jangan bersedih!, sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." ( HR Ahmad). Tak ada yang benar-benar abadi tinggal di hati manusia tentang kesedihan, begitu pula yang terjadi dengan kebahagiaan. 

Semuanya bersifat sementara. Antara sedih dan bahagia hanyalah permainan hati. Hatilah yang mengatur dan otak menurut, dan itu sangat tidak ideal sekali. Pikiran tiak boleh menuruti kata hati, karena hati atau perasaan tidak selamanya benar. 

Pikiran harus tetap jernih apapun suasana hati, agar dapat menuntun seseorang merasakan kedamaian.

2]. Selektiflah memilih sahabat

"Jangan mengharapkan persahabatan dari mereka yang tak mengharapkan bersahabat denganmu." Ali Bin Abi Thalib. Sahabat memang pelipur lara, tempat berbagi suka juga lara. Tetapi yang sahabat yang bagaimanakah yang begitu mulia hati, mau menerima teman dengan apa adanya!. 

Jika yang ditemui setiap waktu, adalah sahabat yang suka bergunjing di belakang dan merendahkan teman, atau selalu memanfaatkan dan keberadaan teman. Stop!, berusaha dan biasakan hidup mandiri tidak tergantung dengan orang lain. 

Kuasai hati dan pikiran untuk hal positif. Sahabat sejati akan datang menghampiri tanpa diminta, asal pribadi juga mampu mengimbangi. Menjadi pribadi baik, sebab orang baik tercipta dari teman dan lingkungan yang baik pula.

3]. Keindahan setelah perjuangan

"Ketahuilah bahwa suatu hari lukamu akan menjadi obat bagimu." Rumi. Yang membuat manusia hebat sebab masa lalu dan luka yang pahit. Tidak ada yang dapat menyembuhkan sakit hati serta rasa kecewa kecuali diri sendiri. 

Orang lain atau sahabat hanya membantu. Percayalah selalu ada keindahan menanti setelahnya, selama tidak pernah berhenti memperjuangkan.

4]. Bukti disayang Allah SWT

"Jika Tuhan (Allah) membimbingmu untuk mengingat-Nya, itu adalah tanda bahwa Tuhan cinta padamu." Ali Bin Abi Thalib. Diberikan rasa sedikit takut, cemas serta was-was di hati para hamba, menjadi bukti agar si hamba selalu mengingat keberadaan Tuhan-Nya. 

Bukan justru memusuhi dan menjauh, lebih fatal menuduh Tuhan sengaja membuatnya celaka melalui beragam ujian dan cobaan yang diberikan. Sebab jika Tuhan tidak sayang pasti ia malas menegur dengan semuanya itu. 

Semua ada agar si hamba selalu mengingat akan diri-Nya, juga tentang kekuasaan-Nya yang mutlak pada seorang hamba.

5]. Jadi manusia berguna

"Kesempurnaan manusia itu tergantung dari dua hal : Semangat yang mengangkatnya dan ilmu yang menerangi jalannya dan memberikan petunjuk."  Ibnul Qayyim. Manusia yang paling berbahagia di dunia, yakni manusia yang dapat bermanfaat bagi orang lain dengan ilmu yang dimiliki dan ditularkan pada sesama. 

Mau beramal jariyah meski hanya melalui serangkaian kata-kata bijak tapi menyejukkan. Sebab tak ada yang bisa mendamaikan dunia selain kasih sayang dan perkataan santun lagi indah, menguatkan jiwa-jiwa yang gundah.

Semoga kata-kata bijak Islam tentang kehidupan sebagai penguat hati anda dan pengingat kita semua. Hidup hanyalah sementara, hal yang bijak akan selalu mendamaikan hati dan jiwa. Jadi, bijaklah dalam hidup agar hidup menjadi tentram dan damai.

Posting Komentar untuk "Kata-kata Bijak Islam Tentang Kehidupan Sebagai Penguat Hati"