Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Uang Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Cara mencari uang bagi pelajar dan mahasiswa - Kewajiban utama seorang pelajar dan mahasiswa ialah belajar dan menyelesaikan studinya dengan baik. Namun tak ada salahnya bila para pelajar ingin menghasilkan uang sendiri selagi menjalani study. 

cara mencari uang bagi pelajar dan mahasiswa

Dengan berusaha mengerjakan sesuatu yang dapat menghasilkan uang, dapat memberi pengalaman bagi pelajar dan mahasiswa untuk mencari uang. Serta dapat mengasah soft skill dan hard skill sekaligus. 

Tapi yang paling penting ialah mengatur waktu antara mencari uang dengan belajar, agar dapat berjalan beriringan. Jangan sampai yang utama terganggu karenanya.

Baca juga: Tips mencari penghasilan tambahan di internet

Cara mencari uang bagi pelajar dan mahasiswa

Seringkali para pelajar dan mahasiswa memiliki keinginan kuat untuk bekerja, berbisnis, dan melakukan apa saja yang dapat menghasilkan uang. Namun, kebanyakan dari mereka juga merasa bingung untuk memilih kegiatan apa yang tepat dan apa yang harus mereka lakukan untuk itu. 

Kendala waktu yang terbatas juga membuat mereka bingung menentukan pekerjaan yang pas bagi mereka untuk mencari uang.

Baca juga: Tips memulai bisnis online yang sukses

Menyikapi latar belakang dan kendala-kendala tersebut, disini kami akan memberikan informasi serta inspirasi bagi para pelajar dan mahasiswa yang ingin mencari uang. Kami rangkumkan beberapa cara yang sesuai dengan waktu dan kemampuan yang mereka miliki. Simak baik-baik ulasannya berikut ini:

1. Mengikuti olimpiade serta lomba

Bagi Anda para pelajar dan mahasiswa yang mendalami bidang keilmuan tertentu, tak ada salahnya Anda mengikuti olimpiade atau lomba dalam bidang akademik dan non akademik. Selain menambah pengalaman dan teman baru, pemenang olimpiade dan lomba biasanya juga akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan sertifikat. 

Hadiah yang berupa uang tunai dapat menambah uang saku Anda, sedangkan sertifikat dapat Anda ajukan untuk menerima beasiswa. Dan tenang saja, saat mengikuti olimpiade atau lomba, Anda akan diberi keringanan dan dispensasi yang berkaitan dengan waktu sekolah/kuliah.

2. Menjadi guru privat

Dengan menjadi guru privat, kita dapat mengasah pemahaman akan suatu materi, meningkatkan soft skill dengan mengajar, serta mendapat uang tambahan. Dengan menjadi guru privat, waktu mengajarnya pun fleksibel dan dapat disesuaikan dengan waktu sekolah/kuliah kita. 

Bagi Anda yang masih berstatus pelajar SMA dapat menjadi guru privat bagi pelajar SMP. Dan bagi Anda yang sudah kuliah, dapat menjadi guru privat bagi pelajar SMA. Namun Anda sendiri harus terus belajar dan mengerti materi yang diajarkan, jangan sampai malah menyesatkan murid-murid privat Anda.

3. Menulis

Bagi Anda pelajar yang mempunyai bakat dalam menulis, baiknya Anda salurkan bakat itu dengan menulis artikel atau cerpen lalu mengirimkannya ke majalah, tabloid maupun koran. Bila artikel Anda diterima, Anda bisa mendapat uang. 

Namun bila tidak diterima, anda bisa membuat blog/web sendiri dan mendaftarkan ke Google Adsense atau affiliate lainnya.

4. Berjualan Pulsa

Hampir semua orang sekarang memiliki handphone pribadi. Berjualan pulsa dapat menjadi alternatif untuk Anda mendapatkan tambahan uang saku, tanpa mengganggu kegiatan sekolah/kuliah Anda.

5. Menjadi Reseller

Bila di sekitar tempat Anda tinggal ada orang yang menjual makanan, aksesori dan lain sebagainya. Anda bisa saja membuat kesepakatan untuk menjual kembali produk darinya. Bisa dengan cara menitipkannya ke kantin dan koperasi, atau menjualnya langsung pada teman-teman Anda dengan keuntungan yang dapat Anda tentukan sendiri.

6. Berjualan Online

Bila Anda memiliki waktu atau fasilitas yang cukup untuk mengakses intertnet, lebih baik Anda manfaatkan itu untuk berjualan secara online. Jualah sebuah produk secara online. Bila tak punya produk sendiri jadilah reseller. 

Baca juga: Kata-kata motivasi jualan online 

Bila tak punya modal untuk membeli produk untuk menjadi reseller, jualah produk dengan sistem dropship. Sistem dropship ialah kita membuat kesepakatan dengan suplier dan penjual secara online maupun offline, lalu kita mencari customer dan memesarkan produk mereka. 

Suplier dan penjual itulah yang Akan mengurus pengiriman kepada customer kita dengan mencantumkan nama kita dalam paket kiriman. Lalu kita dapat mengambil keuntungan dengan menjadi member ataupun menaikkan harga.

7. Menjadi Youtuber

Video apa saja bisa mendatangkan uang, asal tidak melanggar ketentuan yang sudah menjadi kebijakan Youtube. Misalnya video vlog jalan-jalan, hiburan komedi, tutorial maupun tips. Apabila semua persyaratan terpenuhi dan menjadi partner Youtube, uang akan mengalir ke akun Adsense anda.

Itulah beberapa cara mencari uang bagi pelajar dan mahasiswa. Semoga informasi diatas berguna bagi kalian para pelajar dan mahasiswa yang ingin menambah uang saku dan tetap memiliki waktu untuk belajar.

Posting Komentar untuk "Cara Mencari Uang Bagi Pelajar dan Mahasiswa"